artikel yang ada saya dapat dari jelajah web,forum,blog,dsb, kepada semua pihak harap maklum, hanya bertujuan sebagai sharing aja!

Rabu, 30 Juni 2010

cara Instal XP tanpa CD room

nah.. ni masalah saya waktu beli Notebook ACER Aspire yang tanpa CD-room, nah lhoo.. Recory disk na ngak jalan, gimana ya cara instalnya.. cari di internet nemu dehh yangkayak ginian.. check this out.. and please try at Home hehehhehe

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Buat “disket” booting.

Download tools untuk membuat boot disk, nama tools-nya physdiskwrite. exe.

Kemudian download image file boot disk wxpboot.zip.

Ekstrak kedua file hasil download tersebut pada 1 direktori.

Tancapkan flashdisk ke komputer. Buka Start -> Control Panel -> Administrative Tools -> Computer Management -> Disk Management.

Lihat pada jendela kanan bawah, flashdisk yang ditancapkan tadi memiliki nomor urut disk berapa. Misal terbaca Disk 2. Catat atau ingat-ingat nomor tersebut. kemudian tutup jendela computer management dan administrative tools.

Buka windows eksplorer. Buka direktori tempat menyimpan 2 file hasil ekstraksi download tadi. Drag file WXPBOOT.IMA dan drop pada file physdiskwrite. exe.

Akan muncul jendela seperti comand prompt. Ketikan nomor disk yang tadi kita buka pada jendela disk management (tadi dimisalkan 2), dan jangan salah memasukkan angka karena bisa-bisa harddisk anda yang ter-format. Kemudian tekan enter. Tunggu beberapa detik, proses penulisan disk boot pada flashdisk akan selesai.

2. Format PC

Setelah flashdisk boot selesai, tancapkan flashdisk tersebut ke PC. Nyalakan PC, pada saat muncullogo F8 ato tekan Esc. Akan muncul pilihan untuk booting dari harddisk atau USB flashdisk. Pilih booting dari USB flashdisk, kemudian enter. Tunggu sampai anda masuk ke A prompt ( A:\ ).

Ketik fdisk kemudian enter. Muncul jendela untuk management harddisk. Delete semua partisi yang ada pada harddisk .Kemudian create 1 partisi tunggal pada harddisk. Setelah selesai, keluar dari fdisk. Pada A prompt, ketik format C: /s kemudian enter. Tunggu sampai proses format selesai. Kembali ke A prompt, ketikkan fdisk /mbr kemudian enter. Copy file himem.sys, config.sys, dan smartdrv.exe ke drive C dengan perintah :

copy himem.sys c:\

copy config.sys c:\

copy smartdrv.exe c:\

#catatan : setiap baris perintah di atas diakhiri dengan menekan enter.

Dari sini PC sudah dapat booting tanpa flashdisk. Matikan PC dan copot flashdisk.

3. Membuat installer Windows XP

Format flashdisk tadi menggunakan PC. Copy-kan folder I386 dari CD installer windows xp ke flashdisk.

Proses copy akan memakan waktu beberapa lama. Setelah selesai, anda siap meng-install windows pada PC.

4. Installing Windows

Tancapkan flashdisk yang berisi folder I386 tadi ke PC. Nyalakan PC. Tunggu sampai anda masuk ke C prompt ( C:\ ). Ketik smartdrv.exe kemudian enter. Pindah ke drive dimana flasdisk yang memuat folder I386 berada. Untuk mengetahui nama drive, ketikkan perintah :

dir D: kemudian enter

kalau terbaca ada folder I386 maka drive-nya adalah D.

Jika tidak ada, ganti D dengan E,

Chage drive ke drive yang memuat folder I386. Caranya pada C prompt ketik D: kemudian enter atau E:

kemudian enter (tergantung lokasi drive yang memuat folder I386).

Kemudian pindah direktori ke I386 dengan perintah cd I386 kemudian enter.

Ketikkan WINNT.EXE kemudian enter. Dari sini ada tinggal mengikuti langkah-langkah install windows

seperti biasa, ikuti perintah yang tampil di layar.

semoga membantu, mohon maaf jika ada kurangnya.

saya ambil dari panduan install winxp di EEEPC

install Windows XP di Flash Disk


Dalam proses instalasi XP di UFD, anda dapat menggunakan semua UFD yang kompetibel dengan XP, tapi ada syarat yang harus dipenuhi yaitu. Kapasitas UFD minimal 256 Mb semakin besar semakin bagus, Motherboard yang dipakai harus bisa melakukan booting lewat flash disk, Tersisa ruang hardisk sebesar 2 GB, Versi USB yang dipakai ada baiknya menggunakan versi 2.0 meskipun Versi 1.1 juga bisa, namun kinerjanya akan lebih lambat, CD Instalasi windows XP SP1 atau SP2.

Langkah Pertama

Sebelum dimulai format UFD dengan menggunakan aplikasi “HP USB Disk Storage Format Tool”. Kenapa tidak menggunakan fasilitas format pada windows ?, karena fasilitas format pada windows cenderung “error”. Anda bisa download di sini, Berikut caranya.

- Lakukan proses instalasi seperti biasa
- Jalankan melalui Start
- Pilih UFD yang ingin di format dibagian device
- Pilih file system dengan Fat32, klik start

Buatlah sebuah folder di hardisk anda dengan nama C:\sp2\winxp (Sesuka Anda). Copykan seluruh content yang ada di dalam CD instalasi windows XP ke dalam folder yang telah anda buat tadi. Sebagai contoh aku gunakan windows XP Profesional SP2. pastikan tidak ada file yang ketinggalan atau tersembunyi.

Langkah kedua

Download Utility bernama PEBuilder di www.nu2.nu/pebuilder/ . Utility ini nantinya akan menyertakan sebuah fitur bernama BartPE. Selanjutnya install PEBuilder tadi.

- Jalankan PEBuilder,
- Dibagian source arahkan ke C:\sp2\winxp.
- Dibagian Output menggunakan “BartPE2″
- Dibagian media output ganti menjadi “Create ISO Image” lalu isi dengan c:\pebuilder.iso

Anda dapat menambahkan plugin caranya anda dapat melihat di www.nu2.nu/pebuilder/plugins/. jika ada aplikasi yang ingin disertakan kedalam UFD tanpa harus diinstall sebaiknya gunakan aplikasi2x portabel.

- Klik Build, pada “create directory” pilih yes. proses Build akan berjalan
- Setelah selesai, Close dan tutup PEBuilder.

Langkah Ke Tiga

Download aplikasi bernama FlashBoot dari www.prime-expert.com/flashboot/download.php. Install FlashBoot seperti biasa. lalu
jalankan melalui start menu.

- Jendela pertama FlashBoot klik next
- Pilih “Convert BartPE Bootable Disk To Bootable Flash Disk”, klik next
- Berikutnya pilih “Use ISO-9660″, kemudian browse dan cari file ISO yang kita buat tadi di c:\pebuilder.iso, klik open lalu next.
- Pilihlah “Make Bootable USB Flash Disk” dan pilih drive letternya dengan UFD anda. Jika belum muncul klik refresh list, lalu next.
- Berikutnya hilangkan tanda centang pada “Save data on disk”, kemudian pilih “Partitioned disk”. Klik next finish, proses pembuatan akan berjalan. setelah selesai klik close.

Atur Bios anda agar booting melalui UFD. jika sudah anda dapat segera mencobanya.

Jumat, 18 Juni 2010

Analisa CRT Rusak .

crt1 Analisa CRT Rusak

Kadang kita melihat layar kita tidak utuh (tertekan/atau melipat) sehinga ada bagian hitam di bagian atas maupun bawah,kadang kalo kerusakannya parah bisa hanya ada garis horizontal melintang di layar TV kita.

Orang yang tidak tau ada yang mendiagnosa tv kita rusak tabungnya. Ini pendapat yang salah.TV kita bukan rusak tabungnya tapi rusak di bagian sinkronisasi vertikal.

Kemudian ada juga layar yang tertekannya dibagian samping kiri atau kanan. Ini juga bukan karena kerusakan tabung. Untuk kerusakan ini ada beberapa kemungkinan yang rusak: bisa di bagian horizontal,transformer Fly back,catu daya,atau barangkali hanya tegangan listrik di rumah anda saja yang terlalu ngedrop.

Kerusakan seperti ini memang kebanyakan ditemui pada tegangan B+ yang tidak normal.Saya sendiri juga sewaktu dulu masih aktif service service TV pernah menemui kerusakan seperti ini, klo tidak salah dulu penyebabnya adalah Opto Coupler.

Kemudian layar berbentuk trapesium atau tertekan kiri,kanan,atas dan bawah. Biasanya untuk kerusakan ini sering terjadi karena kumparan defleksi short/korslet karena mengelupas lapisan emailnya.

kerusakan ini bila dibiarkan akan menjalar ke bagian horizontal dan bagian lain atau lebih parah lagi akan menjadikan tv kita mati total.

Kerusakan berikutnya adalah warna tv terlihat dominan warna tertentu atau ada warna yang tidak lazim atau hilangnya warna tertentu.

Untuk kerusakan ini bisa jadi tabung televisi memang benar benar rusak, namun ada baiknya kita mendiagnosa sendiri kerusakan secara sederhana bila kita mengerti sedikit ilmu elektronika.

Untuk kerusakan warna ini,hal yang perlu dilakukan adalah mencermati warna apa yang dominan atau warna apa yang hilang.

(merah,hijau,biru) karena secara teknis warna tv adalah penggabungan dari tiga unsur warna tersebut.

Apa rekan juga pernah menemukan kerusakan TV yang berkaitan dengan CRT…..!!!!! :waaah :waaah

crt0 Analisa CRT Rusak

Pertanyaannya mungkin bagaimana mencari kerusakan atau memperbaiki kerusakan ini?

Berikut akan saya coba tuliskan sedikit trouble shooting tentang kerusakan jenis ini secara sederhana :

Setelah casing kita buka, dibagian belakang dari tabung ada PCB yang kecil dan menempel pada tabung bagian belakang. Itu adalah PCB dari penguat warna. biasanya kerusakan sering terjadi disana.

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah bersihkan permukaan PCB deengan thiner,kemudian lakukan penguatan solderan disana dengan cara menyolder ulang kaki-kaki komponen yang ada disana.keretakan solderan yang tidak terlihat secara jelas oleh mata bisa mengakibatkan kerusakan warna tadi. dan terkadang dengan langkah itu kerusakan sdh bisa teratasi. Nb: untuk TV merk National/Panasonic biasanya dengan langkah ini belum bisa sembuh kerusakannya walaupun kerusakan awalnya memang lepasnya solderan. langkah yang harus diambil adalah mengganti transistor penguat warna yang ada di PCB (merah,hijau,biru) tiga-tiganya sekaligus.

Sedangkan untuk di merk Samsung yang paling sering rusak dan paling sering saya temui di bagian ini adalah IC Amplifier 6107 / 6108 / 6109 IC ini berbentuk IC sisir.

Bila setelah di solder ulang tapi warna tetap belum normal,kini giliran kita melakukan pengecekan benarkah tabung TV kita memang rusak atau memang ada kerusakan lainya. Caranya cukup sederhana.

Ambil kabel multi meter kita, bisa yang hitam atau yang merah.kemudian tancapkan salah satu ujungnya di bagian ground dari TV kita (casing), kemudian hidupkan TV,selanjutnya salah satu ujung dari kabel tadi kita colokkan ke kaki katoda tabung yang ada di PCB kecil tadi.

Ada 3 katoda disitu, merah, hijau, dan biru. Biasanya di PCB tertulis KR untuk katoda merah(red), KB untuk katoda biru(blue) dan KG untuk katoda hijau(green). Perhatikan perubahan layar saat kita lakukan langkah ini. Warna layar akan dominan warna merah ketika kita colokkan kabel tadi di katoda merah, begitu pula untuk warna lainnya.

Apabila warna di layar tidak berubah pada saat kita colokkan kabel ke katoda,perlu dicurigai kerusakan tabung(layar) dari tv kita. Meski bisa saja terjadi soket dari pin CRT kendor.

Bila diagnosa kita menyatakan tabung TV kita tidak rusak, kita dapat melakukan perbaikan kecil-kecilan dengan mengganti komponen aktif / pasif yang ada di PCB kecil tadi. Biasanya komponen aktif seperti IC atau transistor yang sering rusak. Bila kita masih ragu untuk kerusakan pastinya saya sarankan rekan rekan jangan dulu gegabah memvonis dan mengganti CRT, pasalnya penggantian CRT terkadang tidak selalu berjalan mulus apalagi CRT ini sendiri merupakan komponen yang paling mahal.

Lebih baik rekan berkonsultasi dahulu dengan teknisi yang lebih berpengalaman atau baca baca artikel lain yang mungkin bisa membantu seperti di postingan saya dahulu di Tips mengukur ukur CRT.

Yang penulis rasakan setelah dulu pernah mengganti CRT adalah sulitnya mengatur adjustment warna.Settingan yang wajib dilakukan adalah deflection yoke,magnet puritas dan lain lain.Untuk Penyettingan CRT ini akan jauh lebih mudah jika rekan rekan memiliki kode service remote TV tersebut.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada analisa atau keterangan yang salah maklum sudah hampir 2 tahun berhenti jadi teknisi service hehehe…..

A. BAGIAN LUAR MONITOR


Monitor yang dengan istilah lain disebut juga dengan VDU (Video Display Unit), merupakan salah satu bagian yang terpenting pada suatu unit komputer. Seperti yang telah disebutkan diatas, monitor merupakan output dan yang paling sering dipandang bila kita sedang mengoperasikan sebuah komputer.

Adapun fungsi dari monitor adalah untuk memperagakan data atau proses yang terjadi dalam CPU (Central Procecing Unit) secara visual. Proses yang terjadi dalam Cpu dikonversikan oleh suatu adapter video/video board dari data berbentuk digital menjadi sinyal yang akan disalurkan melalui kabel penghubung ke monitor.

Bagian-bagian monitor

Bagian-bagiandari sebuah monitor dapat dibedakan menjadi 2 bagian (Yus,1994) yaitu :

1

bagian luar dari monitor serupa dengan bagian layar televisi. Bagian luar monitor terdiri atas beberapa komponen antara lain : casing monitor, layar dan front control yang terdiri atas :

  • power switch

  • power indicator

  • horizontal phase control

  • vertikal phase control

  • bright control

  • contras control

  • horizontal size control

  • vertikal size control

B. BAGIAN DALAM MONITOR

2

Jika kita pernah membuka sebuah monitor, maka akan kita lihat suatu rangkaian elektronik yang terdiri dari komponen elektronik maupun IC-IC. Kesemua komponen elektronik tersebut bekerja untuk suatu bagian yang disebut tabung hampa udara. Dibagian depan dari tabung hampa udara akan dijumpai sebuah lapisan fosfor. Fosfor digunakan karena isinya dapat berpendar jika terkena elektron. Lapisan fosfor ini berguna untuk menampilkan titik-titik seperti yang terlohat pada layar.

Sementara itu di belakang lapisan fosfor dijumpai sebuah bagian lain yang disebut sebagai penutup bayangan (shadow mask). Penutup bayangan ini dilengkapi pula dengan lubang-lubang kecil. Fungsi lubang-lubang yang sangat kecil ini adalah untuk jalan fang yang akan dilewati elektron. Dapat pula ditambahkan bahwa jarak enter lubang-lubang ini akan menentukan jarak antar pixel di monitor komputer kita.

Di bagian belakang dari tabung hampa udara akan dijumpai satu bagian untuk penembak elektron kearah depan tabung. Bagian ini dikelilingi oleh suatu medan magnet elektrik yang berfungsi untuk membelokkan elektron. Pada monitor jenis monokrom hanya ada satu penembak elektron, sedang pada monitor yang berwarna terdapat tiga buah penembak elektron.

DESKTOP MONITOR

Pelacakan Kerusakan

Teknik yang digunakan dalam pelacakan kerusakan adalah teknik lokalisasi tiap blok rangkaian. Langkah pertama, pastikan bahwa sumber daya listrik benar-benar ada dan terhubung dengan baik. Apabila Apabila monitor dinyalakan tidak disambungkan dengan system unit. monitor tidak menampilkan apapun. Dengan bantuan seperangkat system unit dan pastlkan bahwa Video Card berfungsi dengan baik gejala apa yanq muncul pada saat Power ON/OFF dinyalakan. Dari hasil tersebut kita bisa menganalisa bagian apa yang bermasalah.


Jangan menyentuh penghantar anoda dari flyback ke CRT sebelum digroundkan, karena mengandung tegangan tinggi yang besarnya dapat mencapai belasan kilovolt. Groundkan terlebih dahulu menggunakan kabel yang terisolasi dengan baik dengan bantuan obeng yang terisolasi baik.

Hubungsingkatkan kapasitor yang paling besar (pada rangkaian Power Regulator, biasanya bertegangan 400 Volt) dengan tahanan 5 sampai 10 ohm hingga tegangan kapasitor terbuang.

Kemungkinan Kerusakan Pada Monitor

No.

Masalah

Kemungkinan
1.


Indicator padam, layar mati
- Power Cord AC
- Fuse
- Power Supply
2.
Indicator nyala, layar mati - Kabel Interface
- Brightness Control
- Horizontal Output
- High Voltage Anode
- CRT
3.
Huruf dan atau Objek tidak jelas dan terputus-putus - Contrast Control
- Video Output
- High Voltage Anode
- CRT
- Kabel Interface
4.
Layar berbentuk Oval - Deflection Yoke
- Vertical Hold
- Vertical Line
- Horizontal Hold
5.
Sebagian atas dan bawah layar bergaris hitam - Vertical Hold
- Vertical Line
6.
Kedua samping layar bergaris hitam - Horizontal Hold
7.
Layar memutar terus menerus dari bawah ke atas atau sebaliknya - Horizontal Hold
8.
Layar bergaris-garis penuh - Horizontal Hold
- Oscilator Hold
9.
Layar miring ke kiri atau ke kanan - Deflection Yoke
10.
Warna Layar tidak teratur, bias atau samar-samar - CRT
- Degaussing Coil
- Rangkaian Matrix RGB


| Regulator | Horizontal | RGB | Deflection Yoke |

Praktek Perbaikan Monitor

a. Topik: Power Regulator
d. Tujuan: Mengenal Bagian Power Regulator

Rangkaian power regulator berfungsi untuk mengubah tegangan listrik bolak balik(AC) jala-jala menjadi tegangan searah(DC). Nama lain power regulator adalah catu daya 1 pembagi tegangan. Adapun besamya tegangan DC yang dihasilkan disesuaikan dengan kebutuhan pada rangkaian yang akan di catu daya. Didalam, rangkaian regulator (Catu Daya) terbagi atas beberapa bagian yaitu :
1. Penyearah tegangan.
2. Filter tegangan.
3. Stabilisator tegangan.
4. Pencatu /Output Tegangan
Diagram Blok Regulator



Langkah Pengetesan:
1. Ukur tegangan masuk dari jala-jala(Volt).
2. Ukur tegangan setelah penyearah(Volt)
3. Ukur tegangan pada kaki transistor.
dddC = ....... Volt
dddE = ....... Volt
4. Ukur tegangan pada output regulator.
dd Output 1 = Volt
dd Output 2 = Volt
dd Output 3 = Volt
dd Output 4 = Volt
Rangkaian Regulator


Metode Mencari Kerusakan
Nama Blok: Power Regulator
Gejala : Indikator lampmati, layar gelap
Flow Chart Metode Mencari Kerusakan Power Regulator

| Regulator | Horizontal | RGB | Deflection Yoke |

b. Topik: Rangkaian Horizontal
b. Tujuan: Mengenal bagian Horizontal

Secara umum rangkaian horizontal berfungsi untuk membangkitkan tegangan tinggi. Rangkaian hohzorital ini terdiri atas:
1. Oscilator horizontal.
2. Driver horizontal.
3. Penquat horizontal.

Kedua oscillator ini akan membangkitkan sinyal-sinyal atau tegangan-tegangan defleksi horizontal dan vertical. kedua sinyal defleksi tersebut dibutuhkan untuk mengatur scanning garis-garis pada layar CRT secara merata diseluruh permukaan. Sinyal defleksi horizontal mengatur jalannya gerakan berkas electron dari kiri ke kanan/scanning ke arah horizontal, sedangkan sinyal defleksi vertical mengatur jalanya dari atas ke bawah.

Sinyal oscillator horizontal akan diperkuat oten driver horizontal sebelum masuk ke penguat horizontal. Adapun tugas dan fungsi penguat horizontal adalah :
1. Menghasilkan tegangan dengan bentuk dan amplitudo tertentu yang akan disalurkan ke
defleksi horizontal.
2. Menghasilkan tegangan tinggi untuk tabung.
Blok Diagram Rangkaian Horizontal

Didalam rangkaian horizontal, rangkaian pembangkit tegangan tinggi berfungsi untuk menaikkan tegangan antara 10 KV - 50 KV. Sebelum tegangan tinggi ini masuk ke anoda, CRT diratakan/diserahkan dahulu melalui dioda tegangan tinggi (dioda HVREC). Jika Indikator menyala sedangkan layar tetap gelap maka IC regulator (IC LM) patut dicurigai mengalami kerusakan.

Langkah Kerja
1. Ukuran tegangan pada transistor buffer/driver horizontal.
1. C=... Volt
1. E=... Volt

2. Ukur tegangan pada transistor penguat horizontal
2. B= ... Volt
2. C= ... Volt
2. E= ... Volt

| Regulator | Horizontal | RGB | Deflection Yoke |

c. Topik: Rangkaian RGB
c. Tujuan: Mengenal bagian RGB

Rangkaian RGB terletak di bagian belakang CRT. Warna dasar yang dihasilkan monitor ada tiga yaitu R=Red, G=Green, dan B=blue. Sedangkan warna-warna yang dihasilkan setelah pencampuran dari warna dasar disebut warna sekunder atau warna campuran. Rangkaian RGB terdiri dari:
1. Video buffer/driver
2. Penguat video/RGB
Diagram blok RGB

Rangkaian RGB ini juga disebut rangkaian atrix Adapun prinsip kerja -digkaiar, metrix adalah mengubah teqangan perbedaan warna yang telah dicampur dengan sinyai sinkronisasi yang diberikan demulator warna kembali menjadi tegangan perbedaan warna.

Rangkaian metrix ini harus dapat mengadakan atau membuat agar perbandingan antara amplitudo-amplitudo tegangan perbedaan warna itu dapat mempunyai harga yang tepat, tak tergantung dari cara penguatan sebelumnya. Jadi dalam hal ini rangkaian metrix tersebut hanyalah tinggal mengusahakan untuk memperoleh amplitudo-amplitudo yang tepat dari ketiga tegangan-tegangan perbedaan warna yang belum diredusir yang diperlukan oleh tabung gambar. Antara ketiga tegangan-tegangan perbedaan warna tersebut harus mempunyai amplitudo yang relatif tepat bagi tabung itulah maka tabung-tabung didalam rangkaian metrix itu harus sanggup memberikan penguatan-penguatan yang cocok tegangan perbedaan warna itu, sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tabung gambar tesebut.

Langkah Kerja
1. Nyalakan Monitor
2. Ukur tegangan pada output IC Video
R= ... Volt
G= ... Volt
B= ... Volt
E= ... Volt

3. Ukur tegangan pada kaki katoda
KR= ... Volt
KG= ... Volt
KB= ... Volt

4. Ukur tegangan pada kisi katoda
G1= ... Volt
G2= ... Volt
G3= ... Volt

5. Ukur tegangan pada filamen = ... Volt
Flow Chart pendeteksian kerusakan pada RGB

Bagian komponen yang rusak pada rangkaian RGB ini biasanya Resistor berdaya besar yang terbakar, 3 buah transistor warna yang rusak atau adanya solderan yang terlepas dari Board atau tidak terpasang baik.

| Regulator | Horizontal | RGB | Deflection Yoke |

d. Topik : Deflection Yoke
d. Tujuan : Mengenal bagian Yoke Defleksi

Dalam leher tabung kita mengenal kumparan yoke defleksi yang terdiri dari :
a. Kumparan untuk defleksi Horizontal
b. Kumparan untuk defleksi Horizontal
Dalam hal kumparan fokus pengaturan besar kecilnya arus diatur oleh sebuah potensiometer. Guna pembelokan ini untuk menggerakan electron dari kiri ke kanan/scanning horizontal. Sinyal ini berguna untuk mentrigger kumparan defleksi horizontal, agar menjalankan gerak elektron dari kiri ke kanan pada akhir. titik-titik gambar secara otomatis sinyal mati dan kembali lagi ke kiri dan otomatis digeserkan kebawah pulsa blanking yang ditrigger sinyal vertical.

Cara kerja yoke defleksi vertical hampir sama dengan orizontal hanya saja dalam arah yang berlainan yaitu vertikal. Akibat adanya pembelok horizontal dan vertikal arah gerakan elektron tidak lagi ke kanan dan ke kiri tetapi menyebar ke bidang atau ke seluruh permukaan layar tabung dengan sama rata. Kedua kumparan ini diletakkan dalam leher tabung, akibatnya arah gerak ekeltron tidak lagi vertikal atau horizontal tetapi dalam arah resultan. hasil dari tarikan kedua kumparan ini akan menyebar dengan sama rata. Di dalam prakteknya kumparan ini dijadikan satu dan dinamakan yoke defleksi atau deflection coil.


Daftar Kerusakan pada Monitor

No.

Jenis Rangkaian

Gejala yang ditimbulkan
1.


Power Regulator
- Indikator padam dan layar gelap
- Gambar bergelombang
- Gambar mengecil secara horizontal dan vertikal
2.
Horizontal - Indikator redup, layar gelap
- Gambar terlalu bergeser ke kiri atau ke kanan
- Gambar melebar ke kiri atau ke kanan
- Raster satu garis vertikal
- Gambar garis-garis hold
- Gambar terlalu kontras
- Gambar tidak fokus
- Gambar redup/gelap/kurang terang atau kontras
- Gambar lengkung di kedua sisi layar
- Terlihat blinking/garis-garis putih
3.
Vertikal - Raster satu garis horizontal
- Gambar turun naik tidak berhenti
- Gambar memendek ke tengah layar
- Gambar terlalu memanjang ke atas
- Gambar terlalu bergeser ke atas/ke bawah
- Gambar memanjang bagian atas/bawah
4.
RGB - Tidak ada warna
- Gambar tidak keluar/kurang jelas
- Gambar/tulisan tidak terlihat tapi raster terang
- Warna gambar tidak lengkap/ada warna terlalu dominan
5.
Layar CRT - Indikator hidup layar gelap
- Filamen tidak menyala
- Gambar redup/tak terlihat
- Pada waktu power di OFF kan ada cahaya ditengah layar seperti korek api
- Ada blanking berwarna merah/hijau/biru
- Ada bercak warna pada layar
6.
Yoke Defleksi - Raster satu garis horizontal/vertikal
- Gambar travesium
- Gambar berbentuk lingkaran
- Gambar miring ke kiri/kekanan
- Warna gambar tidak fokus/terpisah
- Indikator hidup layar gelap

Tips Pengukuran dan Pengetesan Transistor


Pengetesan Pada Transistor
Kaki Pengetes

Hasil Pengukuran
+

-
B

E

Jarum menunjuk
B

C

Jarum menunjuk
Catatan : Tahanan BE > Tahanan BC

Pengetesan Pada Transistor Horizontal
Kaki Pengetes

Hasil Pengukuran
+

-
B

E

Jarum menunjuk
B

C

Jarum menunjuk
E

B

Jarum menunjuk
Catatan : EB < BE dan BC
Kode DF (Dengan Dioda)
Kode AF (Tanpa Dioda)

Pengetesan Pada Field Effect Transistor
Kaki Pengetes

Hasil Pengukuran
+

-
S

D

Jarum menunjuk
D

S

Jarum menunjuk
Catatan : SD > DS

Kamis, 17 Juni 2010

Tiba2 Flasdisk Matii.... oohh.. flasdisku..,

Faris jangan panik dulu.., klo flasdisk tidak bisa di buka,, apalagi flasdisknya berisi fiile2 penting .. kayak data skripsi, wahh klo ilang bisa gak lulus.. tamat dechh...
biasanya kasusnya seperti ini , sedang dipakai namun tiba-tiba windows hank alias frozen. Setelah komputer di booting paksa dan di hidupkan lagi, ternyata flash disk yang tertancap tadi mati. Falsh disk tidak bisa bekerja lagi. Windows mendeteksi kapasitasnya 0 MB dan mengeluarkan pesan untuk memformatnya. Dicoba untuk di format gagal juga. Akhirnya merana nasib fladisk, tidak ada sanak keluarga,, hehe”

Kalau memang kasus seperti ini yang dialami terhadap kerusakan flash disk anda. jangan khawatir, masih bisa coba untuk menyelamatkan dan menghidupkanya lagi. Berikut ini langkah-langkah untuk memperbaikinya:

1. Softawre yang kita perlukan untuk keperluan ini adalah HP Drive Boot Utility (buatan HP namun jangan khawatir ternyata bisa kita gunakan untuk merek yang lainya. Bahkan untuk memory kamera juga). Anda bisa download di sini.
http://h20000.www2.hp.com/bizsupport/TechSupport/SoftwareDescription.jsp?lang=en&cc=us&mode=3&taskId=135&swItem=MTX-UNITY-I23839

2. Setelah di download, jalankan dan pilih drive untuk falsh disk yang akan diperbaiki.
3. Pilih tipe format disk yang mau di gunakan (FAT, FAT32 atau NTFS)
4. Pilih Quick Format
5. Kemudian pilih start untuk memulainya.

Selasa, 15 Juni 2010

Mencuri Password dan Username Facebook Dengan Keylogger



Apa itu keylogger? sebenarnya keylogger itu semacam software yang digunakan untuk memantau kegiatan keyboard komputer, setiap tombol yang di tekan oleh user maka semua record akan di simpan dengan keylogger.

Buat para orang tua biasa nya mereka memantau anak nya yang sedang browsing dengan cara memasang keylogger di komputer, jadi semua situs yang di “search” oleh si anak akan terekam oleh keylogger. sehingga semua situs yang berbau porno bisa langsung ketahuan oleh si orang tua.


Biasa nya keylogger akan di deteksi sebagai vrus oleh “antivirus”, karena memang keylogger bisa menjadi 2 mata pisau yang bisa MENGAMANKAN dan juga bisa MEMATIKAN.


Maksud nya mematikan adalah, keylogger bisa saja di gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan hacking, banyak orang ingin mencoba melakukan hack pada situs social networking seperti facebook dan friendster.


Jadi tinggal di instal di komputer lalu orang yang menggunakan komputer tersebut akan terekam seluruh kegiatan nya termasuk kegiatan memasukkan “password dan username” facebook dan friendster. bisa saja hal ini dilakukan oleh para pemilik warnet yang iseng dan tidak bertanggung jawab, atau bisa saja dilakukan oleh si pengguna komputer sebelum nya dengan cara mematikan fungsi antivirus nya terlebih dahulu lalu kemudian menginstall keylogger.


Untuk mencari keylogger bisa di cari di kotak kiri sebelah atas dengan kata kunci “keylogger”, nah kalo udah download jangan di pake buat yang negatif-negatif ya…ini hanya buat contoh saja.




Nah, ada beberapa cara untuk menghindari cara pencurian “privacy” seperti ini:


1. Download disini


2. Simpan baik-baik aplikasi tersebut di flashdisk anda dan ketika anda ingin mengisi username dan password di facebook atau friendstersilahkan jalankan aplikasi tersebut, maka keylogger pun akan ter-enkripsi (teracak-acak) dalam menyimpan kegiatan keyboard kita. sehingga keylogger tidak akan bisa mencuri password dan username kita.


Untuk mendownload keyloggernya bisa di download di

http://rapidshare.com/files/191921436/Aio_Keyloggers_Pack.part1.rar

http://rapidshare.com/files/191921441/Aio_Keyloggers_Pack.part2.rar

tips cara bobol facebook

Inilah software Chain&ABEL. Sebenarnya program ini bukan membobol password Facebook saja. Semua website yang memiliki fasilitas login dapat dibobol dengan program ini kecuali jika website tersebut menggunakan ssl yang ditandai dengan tanda gembok yang muncul pada browser saat kita akan melakukan login. Website yang menggunakan ssl diantaranya yahoomail, gmail, rapidshare dll.

langsung aja yah…!! (cape deh)

persiapan : – software C&A dapat di download di bawah ini
klik
- Lakukan instalasi(di install and di next-next aja gtu loh)
1) Buka programnya dulu yah nak.

2) lalu Klik configure klik di tab sniffer adapter yang aktif, bisanya klo aktif ada IP adress misalnya 192.168.0.1. Trs klik
3)Sekarng klik tab sniffer, lalu klik pada bagian bawah program pada icon host, lalu klik tanda +
7) Oke kita lanjutkan dengan Klik pada opsi “All Host In My Subnet” dan “All Test”.

8)Klik pada tab APR, lalu klik tanda +, muncul tampilan baru , pada bagian kiri pilih IP target, bagian kanan klik ip yang paling atas trs OK. Saran saya sih ip targetnya diklik semua aja tapi kliknya harus satu-satu gak bisa langsung.
) Sekarng aktifkan SNIFFER dengan cara klik pada icon start/stop sniffer.

10)Sekarng klik pada Tab password.

11) Cari yang http lalu klik

SEKEDAR saya INGATKAN YA ,,,,bahwa trik ini pada sebagian warnet dapat merusak billing dan juga dapat membuat koneksi internet mengalami gangguan/menjadi lambat..!!!
kalau gitu ini hanya untuk belajar aja ya oKeEEE..!!!!
jangan buat yang tidak-tidak nanti kamu saya sumpahin jadi batu..!!!!

Membobol PASSWORD LOG ON ADMINISTRATOR

Sebelumnya saya ingin memberi peringatan bahwa artikel ini semata-mata hanya sekedar wahana pembelajaran dan saya tidak bertanggung jawab atas pemakaiannya yang tidak bertanggung jawab. Artikel ini dimaksudkan sebagai salah satu solusi alternatif bila anda pengguna computer lupa, atau pura-pura lupa, dengan kode keamanan (baca: password) anda sendiri. Tentunya akan sangat merepotkan bila hal demikian terjadi. Oke, kita langsung saja ke topik pembicaraan.
Sebenarnya ada banyak macam cara untuk kita masuk ke dalam account administrator secara ilegal atau saya istilahkan sebagai ilegal log in. Salah satu metode yang paling mudah dan tidak muluk-muluk yaitu dengan memakai jurus ampuh “Ctrl + Alt + Del”. Begini cara lebih jelasnya, perhatikan baik-baik yah :
1.Pada saat computer booting dan tampilan window log on sudah muncul maka tekan Ctrl + Alt + Del dua (2) kali.
2.Maka akan muncul window baru yang meminta anda mengisikan username dan password. Isikan kolom username dengan “Administrator” dan biarkan kosong kolom passwordnya.
3.Selanjutnya anda akan masuk ke account Administrator (Wah..dah kejebol nih..!!, hore…). Mudahkan..!? Ingat, jangan mencoba ini pada komputer yang bukan milik anda karena setan-setan jahat pasti akan menggoda anda. Saya tidak ikut terlibat loh.
Demikian artikel ringkas ini mudah-mudahan bermanfaat dan dipergunakan sebagaimana mestinya. Lah kok mirip penutup surat. He..he…

Minggu, 13 Juni 2010

Cara Bikin Virtual CD Pakai Nero


Jika anda menjalankan suatu program atau software yang harus selalu menggunakan cd saat anda jalankan,maka bikin virtual cd pada komputer anda adalah penting karena akan meringankan kerjaan dan tentu menghemat optik dvd komputer anda yang selalu bekerja ekstra.Syaratnya software nero sudah harus tertanam di komputer anda sebagai media membikin virtual cd.Catatan memakai nero hanya bisa membuat 2 virtual cd aja di komputer anda.

Contoh sederhana kasus diatas misalnya:

  • Software games
  • Software MP3
  • Software Alqur’an
  • Dll

Bagaimana caranya membuat virtual cd pakai nero?

  1. Copy seluruh file dari cd anda ke drive d:/
  2. Klik start
  3. All program
  4. Klik file nero
  5. Pilih tools
  6. Klik nero image drive
  7. Klik kanan,akan tampil nero image drive
  8. Centang menu enable drive untuk bikin satu drive di first drive(h) sbgi contoh dan di second drive(g) untuk membuat 2 drive
  9. Centang juga menu mount image at startup
  10. Klik ok
  11. Klik first drive diatas kanan menu
  12. Klik buton untuk ambil file yang sudah kita copy ke d:/
  13. Open file,ok
  14. Tunggu saat instalasi bikin virtual cd pada komputer anda sampai selesai
  15. Cek di explore windows anda ,akan terbetuk virtual cd pada drive yang anda bikin tadi
  16. Jalankan program/software dengan mengklik file application.
  17. Selamat mencoba

Bagaimana cara menghapusnya jika sudah tidak diperlukan?

  • Buka explore win anda
  • Klik kanan pada virtual drive yang anda bikin
  • Klik eject

Jika mau ambil lagi filenya lagi tinggal ulangi langkah diatas sampai point 11

  • Klik first drive diatas kanan menu
  • Klik reload
  • Akan terbentuk lagi file yang anda remove tadi

Selamat mencoba semoga ada manfaat.

# MEMBUAT CD IMAGE GAME

Ni PR dari Mr / Mrs X, bagaimana cara membuat CD image. (Jd Bingung, Mau buat CD Image games atau cd image OS). Biar sama-sama puas, Aku coba jawab dua-duanya, key.
Pernah waktu maen game, entah itu Emulator PS 1 atau 2, ee,,, macet ditengah-tengah permainan, kesel kan?. Setelah di selidiki, ternyata DVD Rom-nya udah ga’ nge-lawan lagi, opticnya kali ya udah lemah?. Mau beli DVD Rom baru, lon ada duitnya. Ni,,, ada solusinya.

Yang perlu diketahui kapasitas hardisk yang terpakai untuk membuat sebuah cd images games ini sama besarnya dengan kapasitas CD gamesnya. Umpama CD game ini berukuran 600 Mb, maka image yang akan dibuat jg akan berukuran sama. Intinya, file image games ini adalah salinan dari sebuah CD games. Jadi tanpa sebuah CD games, kita tetap dapat memainkan games tersebut dari hard disk.

Caranya :

Pertama, masukkan CD games yang akan kita buat image ke CD / DVD rom. Syukur-syukur kalo CD/DVD kita masih bisa ngebaca CD gamesnya. Kalo CD/DVD udah ga bisa ngebaca lg, pinjem dulu PC/Laptop temen, bisa buat dari sana (Kalo ga’ malu,,he,,he,,). Pas udah selesai, bisa dipindahin lewat flashdisk ke PC kita.

Kedua, tau aplikasi NERO kan?, Kebangetan dah kalo sampe ga’ tau. Buka aplikasi NERO. Kebetulan Nero yang Aku pakai versi jadul, Nero 7.

Klik Nero Start Smart. Setelah kebuka Nero-nya, sorot mouse ke tab applications, klik “Nero Burning ROM”.

Akan terbuka jendela New Compilation seperti dibawah, cancel dulu untuk memilih Drive, karena tujuan kita bukan untuk membakar CD/DVD, jadi pilih “Image Recorder”.


Setelah dipilih “Image Recorder”, pada jendela yang sama pilih “New”, dan akan terbuka kembali jendela New Compilation. Arahkan mouse pada scroll bar sampai kebawah. Pilih CD-ROM (UDF/ISO) dan klik “NEW” seperti gambar dibawah.

Akan tampil jendela seperti dibawah ini. Drag/seret semua file dan folder CD games yang ada pada drive CD/DVD Rom ke jendela paling kiri (UDFFILEISO1). Atau klik CD/DVD Rom-nya, pada jendela yang paling kiri, klik kanan “Select All Ctrl+A”, kemudian klik kanan lagi “Copy to Compilation Ctrl+1″.

Semua file dan folder akan disalin ke file Compilation pada jendela paling kiri. Seperti gambar dibawah ini.

Selanjutnya klik ” Burn”,

Klik “Burn” lagi,

Tentukan dimana akan menyimpan file ISO / image CD games ini, secara default nama filenya adalah image. Bisa kita ganti sesuai yang kita inginkan. Misal nama file tersebut “Street Fighter”. Kemudian save.

Proses pembuatan Image CD game akan berjalan, tungguin. Biar ga’ bosen sambil ngerokok minum kopi (bagi yang ngerokok + ngopi) bagi yang ngga’ manyun aja, plototin tuch layar monitor.

Setelah diproses, image yang kita buat tadi akan berakhiran/berekstensi ISO. Misal nama file tersebut “Street Fighter” akan menjadi “Street Fighter.iso”. Selesai dach.
Truz gimana caranya maenin Gamesnya?
Harus buat Virtual CD/DVD. Terserah pake apa aja. kalo disini pake software gratisan ‘DAEMON Tools Lite’. Download dan Install software ini. Dari sini kita bisa masukkin file CD images yang baru kita buat tadi.
Apaan tuch Virtual CD/DVD?
Adalah suatu cara untuk menambah Drive CD/DVD ROM. Tetapi bukan hardware, melainkan melalui suatu aplikasi atau software.
Setelah ‘DAEMON Tools Lite’ ini terinstall di PC, pada bar windows, klik kanan, klik “mount image” cari dan pilih dimana kita meletakkan file images games yang kita buat tadi.
Selanjutnya, tinggal setting pada emulator PS-nya dimana meletakkan sumber drive CD/DVD ROM yang yang akan dimainkan

Rabu, 09 Juni 2010

Driver


Motherboard (mainboard) atau kadang disingkat MoBo, merupakan komponen induk dalam sebuah PC (karena disanalah dipasang CPU, RAM, hardisk, CD/DVD ROM dan sebagainya). Setelah menginstall Sistem Operasi (seperti Windows), yang pertama di install biasanya berbagai Driver motherboard-nya.

Tanpa driver motherboard, berbagai fitur/komponen yang ada tidak akan berfungsi dengan baik, bahkan mungkin tidak akan berjalan.

Definisi Singkat Driver
Secara sederhana, driver (device driver) merupakan program/software yang diperlukan agar hardware atau perangkat keras seperti : CPU, VGA, LAN, Sound card dan lainnya dapat berjalan (berinteraksi) dan berfungsi dengan baik dengan sistem operasi yang digunakan. Sehingga selanjutnya aplikasi lainnya juga dapat memanfaatkan fitur dalam perangkat /hardware tersebut.

Ketika membeli sebuah PC / komputer baru, didalam box/kotak Motherboard biasanya disertakan CD/DVD yang berisi driver motherboard tersebut, seperti driver Chipset, Sound Card, Kartu Jaringan (LAN) dan VGA ( IGP = Integrated Graphics Processor) dan lainnya.

Terkadang menjadi permasalahan ketika kita menginstall ulang sistem operasi tetapi kita tidak mempunyai CD driver atau CD-nya hilang. Selain itu, ketika driver sudah lama, maka kita kadang perlu mengupdate dengan driver terbaru.

Mencari Driver di Internet

Untuk mencari driver di Internet, kadang bisa membuat pusing. Karena tidak sedikit link yang kelihatannya menyediakan download driver, ternyata harus menjadi member, membayar, atau bahkan kita diminta menginstall program tertentu, yang kita tidak tahu mungkin merupakan program yang berbahaya.

Daftar link download berbagai driver Motherboard

Berikut daftar link download driver berbagai vendor motherboard komputer. Saya berusaha menuliskan daftar download dari alamat (situs) resmi, sehingga lebih menjamin keamanan dan kinerjanya. Selain itu tidak diperlukan login, membership ataupun membayar, alias gratis.

Sebagian besar link diatas akan langsung masuk ke halaman pemilihan hardware yang dimiliki masing-masing vendor, seperti : Motherboard, VGA / Graphics card, Server/ workstation board dan lainnya. Jadi sebelum download, langkah lain yang juga penting adalah mengetahui tipe Motherboard yang digunakan.

Cara mengetahui tipe Motherboard yang terbaik adalah dengan membuka chasing komputer dan dilihat keterangannya di motherboardnya. Sebagian besar vendor akan menuliskan tipe-nya disana, baik dengan sticker atau langsung menuliskan di papan mainboardnya dengan tulisan yang cukup besar dan cukup mencolok. Berikut contohnya :

sample-motherboard-01sample-motherboard-02sample-motherboard-03

Jika merasa ada yang kurang atau mengetahui motherboard lainnya, silahkan menuliskan dalam komentar, sehingga daftar diatas bisa senantiasa di update. (ebsoft.web.id)

Update

Minggu, 06 Juni 2010

GHOST OS DENGAN FLASH DISK


Kadang kita sering mengalami kesulitan apabila komputer kita OS nya rusak .

sehingga kita perlu install ulang komputer kita dengan waktu yang lama.

GHOST adalah satu cara untuk mempercepat proses perbaikan komputer kita. tapi GHOST bisa jalan di DOS. biasanya kita sering menggunakan disket untuk GHOST tapi itu terlalu kuno.

saya sarankan menggunakan flash disk yang sangat familiar itu.

caranya supaya flash disk kita bisa booting di DOS dengan memakai software bootflasdos . anda bisa download disini.

jalankan bootflasdosnya lalu pilh drive flashdisk yang akan kita jadikan bootable.
BOOT

ekstrak file GHOST di flash disk yang sudah jadi bootable.

file GHOST bisa download disini.

copy MOUSE.COM dari folder GHOST ke flashdisk bootablenya.

lalu edit autoexec.bat-nya misalnya:

@echo off

SET TZ=GHO-07:00

MOUSE.COM

Pause

Echo loading

CD GHOST

GHOST.EXE

lalu restart komputernya tekan del untuk konfigurasi BIOS pilih Boot 1st

pada FDD-HDD save dan restart lagi.

selamat mencoba…

Cara Membuat Booting Norton Ghost Lewat Flashdisk

Ini merupakan seri kelanjutan dari tulisan mengenai cara backup windows menggunakan norton ghost baik yang saya posting di http://www.mamas86.com ataupun yang telah saya upload ke ilmukomputer.com Sebenarnya kelanjutan ini ingin saya tulis sudah lama sekali. Namun karena berbagai kesibukan baik kuliah, ngurus blog, MMO dll malah justru menyebabkan saya lupa untuk mempostingnya. Mohon maaf sekali bagi yang sudah lama bertanya via email namun ternyata baru sekarang ini saya bisa mempostingnya.

Sebenarnya untuk menggunakan Norton Ghost kita tidak harus menggunakan flashdisk, namun bisa juga menggunakan yang versi CD atau lainnya. Semua terserah anda dan sesuai dengan selera anda.

Namun disini yang ingin sedikit saya bahas adalah tentang bagaimana membuat norton ghost kita bisa booting atau digunakan melalui flashdisk.

1. Komputer yang support Booting lewat USB
2. Flashdisk ukuran sembarang, Minimal 64Mb
3. File/software ghost
Berisi:
# Norton Partisi Magic ( untuk membuat partisi lewat dos )
# Norton Ghost ( untuk cloning )
4. Software usb Format

ghost0

5. Pilih Device >> Device ini adalah Flash disk anda
6. Pilih FAT32 pada File System
7. Untuk Volume Label Sembarang (nama dari flashdisk, secara otomatis akan muncul sendiri)
8. Pilih Quick Format dan Created a DOS Bootable Disk
9. Cari dimana anda file USBBOOT yang telah diextract tadi (misal di drive L:ghost)
10. Klik Start
11. Setelah selesai Copy Semua file ghost ke USB anda. Jika muncul peringatan “Confirm file replace” Klik NO

ghost1

ghost2

12. Flashdisk siap dicoba

Note: Jika komputer sobat ternyata tidak support untuk booting via USB atau flashdisk, maka sobat bisa menggunakan Norton Ghost versi CD yang bisa didapatkan baik dengan cara mendownload, pinjam di Rental CD atau lainnya.

Source: http://www.bikien.com/

Sabtu, 05 Juni 2010

Tip's dan Trik Komputer

Tip's dan trik komputer, semoga dapat membantu Anda






Memaksimalkan Windows XP
31 Maret 2008 21:33
Respon yang cepat dari Windows
------------------------------------------
Agar windows bisa merespon dengan cepat apa yang kita inginkan, lakukan hal berikut :
1. Masuk Control Panel
2. Klik System, masuk ke Tab Advance
3. Klik Settings pada Performance
4. Pada tab Visual Effects, pilih Custom
5. Semua item akan dikosongkan6. Jangan lupa centang bagian paling bawah sekali (Use Visual styles on Windows anf buttons) agar tampilannya seperti semula.
------------------------------
Matikan System restore
------------------------------
System restore bisa bermanfaat jika komputer bermasalah, akan tetapi semua restore point yg disimpan bisa memakan ruangan yg cukup besar di harddisk. System restore membebani karena selalu memonitor sistem, dengan mendisable system restore maka sebagian resorce bisa dialokasikan untuk hal yg lain.
1. Buka Control Panel
2. Klik Performance and Maintenance
3. Klik System
4. Klik System Restore tab
5. Klik 'Turn off System Restore on All Drives'
6. Klik 'Ok'
----------------------------------------------
Mempercepat akses Folder - dengan mendisable Last Access Update.
----------------------------------------------
Jika anda memiliki banyak folder dan subdirectories, maka akses ke Direktory2 Windows XP terasa sangat berat dan seringkali cuman membuang waktu. Dengan mengupdate time stamp di registry, yaitu last access update untuk semua sub directory.
1. Start>Run>regedit
2. "HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Contr ol\FileSystem"
3. Klik kanan di bagian yg kan (cari area yg kosong), lalu pilih 'DWORD Value'
4. Bikin DWORD Value dengan nama 'NtfsDisableLastAccessUpdate'
5. Klik kanan pada value baru terus pilih 'Modify'
6. Ubah data menjadi '1'
7. Klik 'OK'
--------------------------------
Mempercepat waktu Boot
--------------------------------
Fitur yg lumayan asik dari Windows XP adalah kemampuan untuk mendefrag ketika ada dalam proses booting. Boot Defrag pada prinsip menata file2 yg relevan dengan booting secara berurutan. Secara default fitur ini telah diaktifkan pada beberapa Build Windows, tapi beberapa build windows tidak, ada baiknya kalo kita cross check terhadap fiotur yg satu ini.
1. Start Menu>Run
2. Regedit
3. HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Dfrg\BootOpt imizeFunction
4. Cari "Enable" dibagian kanan regedit
5. Klik "Modify"
6. Pilih "Y to enable"
7. Reboot
-----------------------------------------
Mempercepat Performa Swapfile
-----------------------------------------
Jika anda memiliki ram lebih besar dari 256MB bisa dibilang tweaking yg ini akan membuat sistem anda berjalan lebih cepat. Tweaking ini pada dasarnya PC kita mengunakan setiap byte dari memori fisik yg terpasang di komputer kita, SEBELUM mengunakan swap file.
1. Start>Run
2. "msconfig.exe">ok
3. Klik tab System.ini
4. Klik tanda plus pada tab 386enh
5. Klik kotak new kemudian ketik "ConservativeSwapfileUsage=1"
6. Klik OK7. Restart
----------------------------------------
Mempercepat Loading Program
----------------------------------------
Tweaking ini bisa berjalan untuk sebagian besar program. Jika program tidak mau loading seperti yg diharapkan, silahkan aja dikembalikan ke setting semula.
1. Klik kanan pada icon/shortcut yg berkaitan dengan program.
2. properties
3. Pada kotak 'target', tambahkan ' /prefetch:1' diakhir kalimat.
4. Klik "Ok"
-----------------------------------------------
Mempercepat Shutdown Windows XP
-----------------------------------------------
Tweaking ini mengurangi waktu tunggu secara otomatis ketika windows sudah menerima instruksi untuk shutdown.
1. Start>Run
2. 'Regedit'>OK
3. 'HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop\'
4. Sorot 'WaitToKillAppTimeout'
5. Klik kanan dan pilih modify
6. Ubah value menjadi '1000'
7. Klik 'OK'
8. Sorot 'HungAppTimeout'
9. Klik kanan dan pilih modify
10. Ubah value menjadi '1000'
11. Klik 'OK'
12. 'HKEY_USERS\.DEFAULT\Control Panel\Desktop' sorot WaitToKillAppTimeout'
13. Klik kanan dan pilih modify
15. Ubah value ke '1000'
16. Klik 'OK'
17.'HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Control\'sorot 'WaitToKillServiceTimeout'
19. Klik kanan dan pilih modify
20. Ubah value menjadi '1000'
21. Klik 'OK'
----------------------------------
Membersihkan Prefetch File
----------------------------------
Fitur ini cukup efisien dalam meningkatkan agresifitas windows tapi tidak perlu mengutak-utik registry. Yg diperlukan adalah mendelete isi directory/folder prefetch. Prefetch adalah directory yg berisi link2 yg kadaluarsa. Link2 yg semakin menumpuk bisa memperlambat komputer anda secara signifikan. Directory prefetch ada di c:windows/prefetch, membersihkan prefetch 2-3 minggu sekali cukuplah untuk pemakaian standar. Cara lain , ketik prefetch pada kotak dialog run, kemudian hapus seluruh isinya.
--------------------------------------------------
Mempercepat dengan mensetting ulang Prefetcher.
--------------------------------------------------
Fitur ini cukup unik di Windows XP, dan jika dilakukan dengan benar hasilnya terasa sangat jozzzz, yg hendak kita lakukan adalah mensetting ulang folder cache yg ada di windows kita.
1. start>run>regedit
2. [HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Contro l\Session Manager\Memory Management\PrefetchParameters\EnablePrefetcher]
3. ada 3 pilihan yaitu 0-Disable, 1-App launch prefetch, 2-Boot Prefetch, 3-Both ("3" adalah yg direkomendasikan).
4. reboot.Setting ulang ini akan mengurangi waktu booting dan waktu yg diperlukan untuk loading program.
-------------------------------
Windows XP Icon Cache
-------------------------------
Seberapa banyak diantara rekan2 yg mengalami icon lag ketika mengunakan windows? Icon2 yg ada di desktop serasa lama sekali untuk muncul. Jangan kuatir jika anda mengalami hal ini. Icon di desktop mengunakan cache, dan ketika cache sudah menumpuk maka access dari desktop ke icon terasa sangat lambat apa yg perlu dilakukan? Silahkan delet atau hapus Iconchace.db yg ada di directory (/Documents) dan di (Settings/Username/Local Settings/Application Data). Ketika anda mendelete seketika itu juga windows akan bikin yg baru. dan yg pasti icon cache yg baru lebih 'enteng' bagi windows.*pastikan opsi show hidden files and folder diaktifkan sebelum mendelete iconcache.db www.diskusiweb.com
Tips untuk mulai memasang system windows
29 Maret 2008 23:54
Langkah-langkah terbaik untuk meng-instal komputer baru:

Saya akan memberikan alternatif terbaik, pada saat saya selesai merakit komputer dan secara otomatis harus menginstal systemwindows terlebih dahulu. Kebetulan saya sudah banyak pengalaman di bidang ini.Tapi mungkin ini hanya sebagian kecil langkah alternatif mungkin ada yang jauhlebih baik dari informasi yang saya berikan. Pada sa’at membeli hardware seperti moterboard, agp card dan sebagainya mintalah cd driver karena ini adalah kunci untuk membangkitkan setiap kemampuan hardware yang telah kita beli.Berikut saya berikan langkah penginstall-an windows dan beberapa tips agar system kita normal dengan baik (semoga). Setelah PC anda terakit dengan baik dan menyala. Masukan CD-Booting SystemWindows. Ikuti semua perintah yang windows tawarkan. Yang terpenting, buatlah harddisk anda minimal 2 partisi. Partisi C: untuk system partisi D: untukdata-data anda. Mengapa?? ini dilakukan untuk antisipasi jika pada suatu sa’atsystem komputer anda rusak. Maka tidak akan sulit untuk menginstall/memformatharddisk Karena data anda aman berada pada partisi D:. Jika sudah selesai dengan langkah installasi system. Terlebih dahulu pasangdriver chip moterhboard, jangan menginstall yang lainnya, ini sangat membatuperforma PC kita. Setelah selesai barulah kita memasukan driver pendukunglainnya seperti Sound Card, AGP Card, Printer yang terakhir adalah memasukanDirectX terbaru. Sekarang kita merubah folder data document, pilih tombol start di pojok kiribawah. Nanti akan kelihatan menu program. Cari Folder Mydocument di menutersebut, biasanya terletak di atas. Pilih properpies, sekarang kita ganti dengan mengetik D:\mydocuments. Tekan OK. maka sekarang setiap data dari peng-editan software atauprogram sebagian besar akan tersimpan di folder D:\mydocuments. Selanjutknya silahkan anda menginstall program yang anda inginkan. Semoga membantu.
Cara Memperbaiki Hardisk
28 Maret 2008 22:27
Secara awam mungkin sulit untuk memperbaikinya, tetapi secara teknis harddisk yang rusak bisa diperbaiki, tergantung level kerusakannya.


Cerita dikit tentang Harddisk
Saya membagi harddisk menjadi 4 level, ini berdasarkan riset dan pengalaman saya pribadi selama menangani kerusakan harddisk.




Level 1
Kerusakan yg terjadi pada level ini bisanya disebabkan Bad sector. Untuk menanganinya ada beberapa cara dan variasi percobaan, disesuaikan dengan merk harddisk dan banyaknya bad sector.


- Untuk penangan awal bisa gunakan perintah FORMAT C:/C (sesuaikan dengan drive yg akan diformat). /C digunakan
untuk mebersihkan cluster yg rusak.
- Langkah kedua jika belum berhasil bisa gunakan program Disk Manager dari masing-masing pabrik pembuat Harddisk.
- Jika belum berhasil juga anda bisa gunakan software HDDREG , silahkan download di internet programnya.
- Jika belum berhasil coba cara Low Level Format atau Zero File.
- Jika masih belum bisa, anda bisa lakukan pemotongan sector harddisk yg rusak, dengan cara membaginya dan tidak menggunakan sector yang rusak.


Level 2
Kerusakan yang terjadi pada level 2 adalah Kehilangan Partisi Harddisk dan Data . Ini bisa disebabkan oleh virus atau kesalahan menggunakan program utility. Ada yg perlu diperhatikan dalam mengembalikan Partisi harddisk yang hilang, yaitu kapasitas harddisk dan Jenis File Systemnya. Partisi dengan File System FAT lebih mudah dikembalikan dibanding NTFS atau File System Linux.
- Cek terlebih dahulu partisi harddisk dengan menggunakan FDISK atau Disk Manager
- Untuk mengembalikannya bisa gunakan software seperti Acronis Disk Director, Handy Recovery, Stellar Phoniex dll.


Level 3
Kerusakan yg menyebabkan harddisk terdeteksi di BIOS tetapi tidak bisa digunakan, selalu muncul pesan error pada saat komputer melakukan POST. Biasanya ini disebabkan FIRMWARE dari harddisk tersebut yg bermasalah. Untuk gejala ini banyak terjadi pada harddisk merk Maxtor dengan seri nama-nama Dewa. Untuk memperbaikinya anda bisa download program Firmware dari website merk harddisk tersebut.


Level 4
Kerusakan yang menyebabkan Harddisk benar tidak terdeteksi oleh BIOS dan tidak bisa digunakan lagi. Ini level yang tersulit menurut saya. Karena untuk perbaikannya kita butuh sedikit utak atik perangkat elektronika dan komponen dalamnya. Menganggulangi harddisk yang tidak terdeteksi oleh BIOS banyak cara.
- Mengecek arus listrik yg mengalir ke harddisk
- Mengganti IC pada mainboard Harddisk
- Buka Penutup Cover harddisk dan cek posisi Head harddisk
- Cara yg extreme harddisk yg rusak bisa dikanibal dengan harddisk yg lain yg keruskan berbeda, bisa dengan cara mengganti maiboardnya atau mengambil IC nya.

Semoga ini bisa jadi referensi tambahan buat kalian yang ingin mencoba memperbaiki harddisk. Semoga berhasil
Cara Merawat Komputer
20 Maret 2008 20:19
Sebagian besar dunia bisnis maupun perseorangan bergantung pada keberadaan komputer. Komputer saat ini bukan lagi menjadi barang mewah, dan meskipun komputer adalah barang berteknologi tinggi tetapi untuk membelinya sudah tidak harus / meskipun boleh saja didampingi ahlinya.
Para penjual/vendor komputer/peripheral pun hanya menjual dan tidak/belum ada/atau saya belum tahu penjual/vendor yang menyertai penjualan dengan tip-tip perawatan (mungkin untuk perangkat keras ada). Adalah sudah waktunya bagi pemilik/pengguna komputer untuk mencoba membiasakan beberapa langkah perawatan yang dapat mencegah komputer kita bermasalah.
Yang pertama dan paling penting adalah kita harus siap bahwa kemungkinan terjadinya kerusakan atau ketidaknormalan kinerja komputer mungkin saja terjadi. Dengan membaca artike ini berarti anda sudah melakukan langkah pertama pada rencana pencegahan/perbaikan/perawatan komputer anda.
10 tips perawatan komputer :

1.
Jangan pernah mematikan komputer dengan menekan tombol power sebelum OS/Windows benar-benar telah mati dan harddisk sudah tidak bekerja ( lampu indikator harddisk sudah tidak berkedip).Mematikan komputer dengan menggunakan tombol power tanpa menunggu OS berhenti akan menyebabkan kehilangan data atau file-file sistem Windows, lakukan hanya bila terpaksa. Lebih parah lagi jika kerusakan yang muncul adalah kerusakan fisik harddisk akibat head mengenai permukaan harddisk.Jika mungkin, lakukan reboot komputer dengan menekan Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan dan lakukan sekali lagi untuk reboot.
2.
Belilah UPS (uninteruptable power supply). UPS mencegah komputer dari kerusakan yang disebabkan tegangan berlebih/berkurang. Pada saat listrik mati berarti komputer dimatikan tidak sesuai prosedur dan akibatnya ada pada point 1.
3.
Backup, backup, backup, jangan tunggu hingga besok. Lakukan backup data yang penting ke eksternal storage misalnya floppy disk ( masih ada gak ya yang pakai ) , Zip Drive, CD-RW, DVD-RW dan lainnya.
4.
Lakukan Scandisk dan Defragmentasi setiap sebulan sekali. Hal ini akan menjaga hard drive tetap sehat dan mencegak kerusakan.
5.
Jangan pernah mencabut peripheral dari komputer jika komputer dalam keadaan menyala. Hal ini akan merusak soket atau motherboard. Pengecualian adalan untuk peripheral yang “hot pluggable” misalnya USB drive. Jika tidak mengerti apakah suatu peripheral “hot pluggable” maka ingatlah point 5 ini.
6.
Sediakan minimal 100 MB dari C: drive atau drive sistem free (Windows). JIka anda gunakan Windows Me atau Windows XP maka sediakan 200 MB. Jika tidak cukup tempat untuk area kerja Windows maka akan memaksa windows untuk melakukan dumping data ke harddisk anda dan akan menyebabkan komputer bekerja sangat lambat.
7.
Jangan terlalu banyak program yang dijalankan pada saat computer mulai bekerja. Program ini dapat dilihat pada status bar dikanan bawan layer dan program-program ini menggunakan memori dan Windows Resources (Windows internal workspace). Jalankan hanya program yang digunakan.
8.
Lakukan scan virus secara berkala ( Baca juga : Tips : Komputer Aman Dari Virus dan Memilih Anti Virus )
9.
Gunakan firewall jika anda terhubung ke internet. Firewall mencegah Komputer anda dari akses yang tidak diinginkan.
10.
Simpan dengan baik cd yang anda peroleh ketika membeli computer dan peripheralnya. Disk-disk ini berisi driver dan program yang sesuai untuk computer anda ketika anda perlu untuk menginstall ulang. Simpan ditempat yang aman, kering.

Cara Mengganti Password Windows
20 Maret 2008 20:14
Apakah Anda pernah mengalami lupa Password Windows atau iseng ingin mengganti Password Windows di Komputer teman Anda ?. Gini nih caranya :
Cara Pertama
1.Kalau bisa akses ke komputernya, gunakan tools ini lebih mudah.
2.http://home.eunet.no/~pnordahl/ntpasswd/
3.Download toolsnya, burn ke cd /usb / taro dalam disket.
4.boot dengan media diatas tersebut, lalu ikutin wizardnya
Cara Kedua
Langkah-Langkah :
- Hidupkan PC, masuk ke Safe Mode Windows, (ketika PC dalam keadaan POST (Power On Self Test, Press F8)
- Login ke salah satu user non administrator yg tanpa passwd atw yg inget passwd-nya.- Setelah masuk ke OS, pilih start -> run -> ketik CMD .
- Setelah masuk ke command prompt, ketik C:\Windows\System32- Demi keamanan back up file bernama logon.scr, ketik copy logon.scr to logon.bak(nama file back up bebas)
- Buat back up cmd.exe, ketikkan copy CMD.EXE logon.scr
- Ubah password administrator, di direktori c:\windows\System32,ketik net user administrator passwordbaruku
- Muncul pesan, password berhasil di update- Restart pc,
- Pada beberapa konfigurasi system operasi cara ini tidak berhasil dijalankan.,
- Solusi lain pake utility seperti solusi pertama.

Cara Memperbaiki Hardisk

28 Maret 2008 22:27
Secara awam mungkin sulit untuk memperbaikinya, tetapi secara teknis harddisk yang rusak bisa diperbaiki, tergantung level kerusakannya.


Cerita dikit tentang Harddisk
Saya membagi harddisk menjadi 4 level, ini berdasarkan riset dan pengalaman saya pribadi selama menangani kerusakan harddisk.




Level 1
Kerusakan yg terjadi pada level ini bisanya disebabkan Bad sector. Untuk menanganinya ada beberapa cara dan variasi percobaan, disesuaikan dengan merk harddisk dan banyaknya bad sector.


- Untuk penangan awal bisa gunakan perintah FORMAT C:/C (sesuaikan dengan drive yg akan diformat). /C digunakan
untuk mebersihkan cluster yg rusak.
- Langkah kedua jika belum berhasil bisa gunakan program Disk Manager dari masing-masing pabrik pembuat Harddisk.
- Jika belum berhasil juga anda bisa gunakan software HDDREG , silahkan download di internet programnya.
- Jika belum berhasil coba cara Low Level Format atau Zero File.
- Jika masih belum bisa, anda bisa lakukan pemotongan sector harddisk yg rusak, dengan cara membaginya dan tidak menggunakan sector yang rusak.


Level 2
Kerusakan yang terjadi pada level 2 adalah Kehilangan Partisi Harddisk dan Data . Ini bisa disebabkan oleh virus atau kesalahan menggunakan program utility. Ada yg perlu diperhatikan dalam mengembalikan Partisi harddisk yang hilang, yaitu kapasitas harddisk dan Jenis File Systemnya. Partisi dengan File System FAT lebih mudah dikembalikan dibanding NTFS atau File System Linux.
- Cek terlebih dahulu partisi harddisk dengan menggunakan FDISK atau Disk Manager
- Untuk mengembalikannya bisa gunakan software seperti Acronis Disk Director, Handy Recovery, Stellar Phoniex dll.


Level 3
Kerusakan yg menyebabkan harddisk terdeteksi di BIOS tetapi tidak bisa digunakan, selalu muncul pesan error pada saat komputer melakukan POST. Biasanya ini disebabkan FIRMWARE dari harddisk tersebut yg bermasalah. Untuk gejala ini banyak terjadi pada harddisk merk Maxtor dengan seri nama-nama Dewa. Untuk memperbaikinya anda bisa download program Firmware dari website merk harddisk tersebut.


Level 4
Kerusakan yang menyebabkan Harddisk benar tidak terdeteksi oleh BIOS dan tidak bisa digunakan lagi. Ini level yang tersulit menurut saya. Karena untuk perbaikannya kita butuh sedikit utak atik perangkat elektronika dan komponen dalamnya. Menganggulangi harddisk yang tidak terdeteksi oleh BIOS banyak cara.
- Mengecek arus listrik yg mengalir ke harddisk
- Mengganti IC pada mainboard Harddisk
- Buka Penutup Cover harddisk dan cek posisi Head harddisk
- Cara yg extreme harddisk yg rusak bisa dikanibal dengan harddisk yg lain yg keruskan berbeda, bisa dengan cara mengganti maiboardnya atau mengambil IC nya.

Semoga ini bisa jadi referensi tambahan buat kalian yang ingin mencoba memperbaiki harddisk. Semoga berhasil

Tips untuk memperbaiki hardisk Rusak

Harddisk adalah media penyimpan yang sangat penting pada computer. Sayangnya umur pemakaian yang terbatas. Kerusakan pada harddisk dapat disebabkan beberapa hal. Misalnya :

* Power supply yang tidak memadai dan merusak kontroller harddisk dan motor.
* Harddisk terjatuh dan merusak mekanik didalamnya atau minimal terjadi bad sector.
* Terlalu sering dibawa bawa tanpa pengaman membuat platter harddisk rusak karena goncangan berlebih.
* Suhu didalam harddisk yang panas membuat kondisi harddisk dalam lingkungan tidak stabil.
* Kondisi MTBF/umur harddisk, sudah tercapai dan akan rusak.

Hal yang masih dapat dilakukan untuk memperbaiki harddisk yang terkena bad sector adalah hanya kondisi dimana harddisk masih berputar, keadaan controller harddisk masih bekerja. Tetapi keadaan ini masih dibagi lagi, bila ingin mengunakan harddisk yang terkena bad sector. Masalah penyebab bad sector adalah salah satu kerusakan yang sering terjadi. Kondisi kerusakan oleh bad sector dibedakan oleh 3 keadaan.

* Kondisi dimana platter harddisk aus. Pada kondisi ini harddisk memang sudah tidak dapat digunakan. Semakin lama harddisk semakin rusak dan tidak berguna lagi untuk dipakai sebagai media storage.
* Kondisi platter yang aus tetapi belum mencapai kondisi kritis. Kondisi ini dapat dikatakan cukup stabil untuk harddisk. Kemungkinan harddisk masih dapat diperbaiki karena platter masih mungkin dilow level.
* Kondisi platter yang aus, baik kondisi yang parah atau ringan tetapi kerusakan terdapat di cluster 0 (lokasi dimana informasi partisi harddisk disimpan). Kondisi ini tidak memungkinkan harddisk diperbaiki.

Membicarakan keadaan harddisk untuk diperbaiki hanya memungkinkan perbaikan pada kondisi ke 2, dimana permukaan harddisk masih stabil tetapi terdapat kerusakan ringan di beberapa tempat.
Tujuan

* Upaya untuk mengunakan harddisk yang terdapat bad sector
* Men-eliminasi lokasi kerusakan pada bad sector.

Tahapan 1

Sebelum melakukan tahapan selanjutnya sebaiknya mengunakan tahapan 1 untuk memastikan kondisi platter harddisk yang rusak. Untuk mengetahui hal ini harddisk harus dilakukan LOW LEVEL FORMAT (LLF). LLF dapat dilakukan dari BIOS atau Software. Untuk BIOS, beberapa PC lama seperti generasi 486 atau Pentium (586) memiliki option LLF. Atau dapat mengunakan software LLF. Untuk mendapatkan software LLF dapat diambil di Site pembuat harddisk. Atau mencari utiliti file seperti hddutil.exe (dari Maxtor - MaxLLF.exe) dan wipe.exe versi 1.0c 05/02/96.

Fungsi dari software LLF adalah menghapus seluruh informasi baik partisi, data didalam harddisk serta informasi bad sector. Software ini juga berguna untuk memperbaiki kesalahan pembuatan partisi pada FAT 32 dari Windows Fdisk.

Setelah menjalankan program LLF, maka harddisk akan benar-benar bersih seperti kondisi pertama kali digunakan.

Peringatan : Pemakaian LLF software akan menghapus seluruh data didalam harddisk

Tahapan 2

Proses selanjutnya adalah dengan metode try dan error. Tahapan untuk sesi ini adalah :

a. Membuat partisi harddisk : Dengan program FDISK dengan 1 partisi saja, baik primary atau extended partisi. Untuk primary dapat dilakukan dengan single harddisk , tetapi bila menghendaki harddisk sebagai extended, diperlukan sebuah harddisk sebagai proses boot dan telah memiliki primary partisi (partisi untuk melakukan booting).

b. Format harddisk : Dengan FORMAT C: /C. Penambahan perintah /C untuk menjalankan pilihan pemeriksaan bila terjadi bad sector. Selama proses format periksa pada persentasi berapa kerusakan harddisk. Hal ini terlihat pada gambar dibawah ini.
www.obengware.com/tips/2000/harddiskbadsector1.jpg

Ketika program FORMAT menampilkan Trying to recover allocation unit xxxxxx, artinya program sedang memeriksa kondisi dimana harddisk tersebut terjadi bad sector. Asumsi pada pengujian dibawah ini adalah dengan Harddisk Seagate 1.2 GB dengan 2 lokasi kerusakan kecil dan perkiraan angka persentasi ditunjukan oleh program FORMAT :

1. Kondisi Baik :
- Display pada program Format : 0-20%
- persentasi yang dapat digunakan : 20%
2. Kondisi Bad sector :
- Display pada program Format : 21%
- persentasi yang dapat digunakan : Dibuang
3. Kondisi Baik :
- Display pada program Format : 22-89%
- persentasi yang dapat digunakan : 67%
4. Kondisi Bad sector :
- Display pada program Format : 91%
- persentasi yang dapat digunakan : Dibuang
5. Kondisi Baik :
- Display pada program Format : 91-100%
- persentasi yang dapat digunakan : 9%

c. Buat partisi kembali : Dengan FDISK, buang seluruh partisi didalam harddisk sebelumnya, dan buat kembali partisi sesuai catatan kerusakan yang terjadi. Asumsi pada gambar bawah adalah pembuatan partisi dengan Primary dan Extended partisi. Pada Primary partisi tidak terlihat dan hanya ditunjukan partisi extended. Pembagian pada gambar dibawah ini adalah pada drive D dan F (22MB dan 12 MB) dibuang karena terdapat bad sector. Sedangkan pada E dan G ( 758MB dan 81MB) adalah sebagai drive yang masih dalam kondisi baik dan dapat digunakan.
www.obengware.com/tips/2000/harddiskbadsector2.jpg
Bila anda cukup ngotot untuk memperbaiki bad sector anda, dapat juga dilakukan dengan try-error dengan mengulangi pencarian lokasi bad sector pada harddisk secara tahapan yang lebih kecil, misalnya membuat banyak partisi untuk memperkecil kemungkinan terbuangnya space pada partisi yang akan dibuang. Semakin ngotot untuk mencari kerusakan pada tempat dimana terjadi bad sector semakin baik, hanya cara ini akan memerlukan waktu lebih lama walaupun hasilnya memang cukup memuaskan dengan memperkecil lokasi dimana kerusakan harddisk terjadi.
www.obengware.com/tips/2000/harddiskbadsector6.jpg
d. Untuk memastikan apa bad sector sudah terletak pada partisi harddisk yang akan dibuang, lakukan format pada seluruh letter drive dengan perintah FORMAT /C. Bila bad sector memang terdapat pada partisi yang dibuang (asumsi pada pengujian bad sector terletak pada letter drive D dan F), maka partisi tersebut dapat langsung dibuang. Tetapi bila terjadi kesalahan, misalnya kerusakan bad sector tidak didalam partisi yang akan dibuang melainkan terdapat pada partisi yang akan digunakan, anda harus mengulangi kembali proses dari awal dengan membuang partisi dimana terdapat kesalahan dalam membagi partisi yang terkena bad sector. Hal yang perlu diingat : Pembuatan partisi dilakukan dari awal ke akhir, misalnya C, D, E dan selanjutnya. Untuk membuang partisi mengunakan cara sebaliknya yaitu dari Z ke C. Kesalahan dalam membuang dan membuat partisi yang acak acakan akan mengacaukan sistem partisi harddisk.

e. Proses selanjutnya adalah membuang partisi yang tidak digunakan lagi. Setelah melakukan pemeriksaan dengan program FORMAT, maka pada proses selanjutnya adalah membuang partisi yang mengandung bad sector. Pada gambar dibawah ini adalah: Tahap membuang 2 partisi dengan FDISK untuk letter drive D dan E. Untuk E dan G adalah partisi letter drive yang akan digunakan.
www.obengware.com/tips/2000/harddiskbadsector3.jpg
F. Pada akhir tahapan anda dapat memeriksa kembali partisi harddisk dengan option 4 (Display partitisi) pada program FDISK, contoh pada gambar dibawah ini adalah tersisa 3 drive : C sebagai primary partisi (tidak terlihat), 2 extended partisi yang masih baik dan partisi yang mengandung bad sector telah dihapus.
www.obengware.com/tips/2000/harddiskbadsector4.jpg

G. Akhir proses. Anda memiliki harddisk dengan kondisi yang telah diperbaiki karena bad sector. Letter drive dibagi atas C sebagai Primary partisi dan digunakan sebagai boot, D (758MB) dan E (81MB) adalah partisi ke 2 dan ke 3 pada extended partisi.

Bila anda belum puas dengan hasil mencari bad sector, maka anda dapat mengulangi prosesur diatas. Untuk melakukan Tips ini sebaiknya sudah mengetahui prosedur dalam membuat partisi dengan program FDISK.

Yang perlu dicatat pada tip ini adalah, berhati-hati pada pemakaian program LLF. Sebaiknya mengunakan single drive untuk mengunakan program ini. Kesalahan melakukan LOW LEVEL FORMAT pada harddisk sangat fatal dan tidak dapat dikembalikin seperti kondisi semula.

Untuk harddisk yang terkena BAD SECTOR sebaiknya mengunakan harddisk yang kondisinya belum terlalu parah atau bad sector terdapat di beberapa tempat dan tidak sporadis tersebar. Kerusakan pada banyak tempat (sporadis bad sector) pada harddisk akan menyulitkan pencarian tempat dimana terjadi bad sector

kunjungi blog ini dan kasih komentar ya.......