artikel yang ada saya dapat dari jelajah web,forum,blog,dsb, kepada semua pihak harap maklum, hanya bertujuan sebagai sharing aja!

Kamis, 15 April 2010

Bikin Komik dari Foto

Cara gampang membuat komik dari foto digital adalah dengan memanfaatkan kamera saku atau ponsel. Dengannya, Anda bisa meminta rekan atau saudara untuk beraksi sesuai cerita komik yang Anda buat.

Setelah itu, bentuklah foto menjadi komik dengan bantuan Adobe Photoshop CS3. Supaya unik, Anda bisa meniru gaya komik lawas dengan dot-dot penyusun gambar berwarna yang sangat kentara. Setelah itu, tinggal tambahkan balon bicara dan teks dengan font yang juga bergaya komik.

1. Buka foto yang hendak diolah menjadi komik. Anda bisa memberi efek atau manipulasi pada foto, seperti yang PCplus lakukan di sini dengan mengubah tokoh menjadi manusia api. Panduan efek manipulasi ini bisa Anda simak di buku Creative Series: “Kiat Mudah Manipulasi Wajah dengan Adobe Photoshop CS3” terbitan PT Prima Infosarana Media.

2. Naikkan kekontrasan foto dengan mengklik [Image] > [Adjustment] > [Brightness/Contrast...]. Pada boks yang muncul, geser slide bar “Contrast” ke arah kanan sehingga foto tampil semakin tajam. Jika terlalu gelap, geser slide bar “Brightness”. Akhiri dengan [OK].

3. Gandakan layer foto Background dengan menekan tombol [Ctrl] + [J]. Klik-dobel nama layer baru (tepat pada teks namanya), lalu ganti dengan “Efek”. Selanjutnya, aktifkan efek bintik dengan mengklik [Filters] > [Artistic] > [Film Grain...]. Pada boks dialog Film Grain, atur nilai “Grain” menjadi 4; “Highlight Area” menjadi 0, dan “Intensity” menjadi 10. Jika sudah, klik [OK].

4. Untuk membuat efek dot-dot cetakan komik lawas, klik [Filter] > [Pixelate] > [Color Halftone...]. Di dalam boks dialognya, atur nilai “Max. Radius” menjadi sekitar 4 sampai 10. Semakin besar nilainya, ukuran dot yang muncul juga semakin besar. Biarkan saja opsi pengaturan lainnya. Jika sudah, tuntasi dengan mengklik [OK].

5. Ubah blending mode dari layer Efek menjadi [Darken]. Ini akan menggabungkan layer foto asli dengan layer yang sudah diberi efek bintik dan dot. Selanjutnya, Anda bisa menggabungkan semua layer dengan mengklik [Layer] > [Flatten Image].

6. Beri teks pada komik. Anda bisa mengunduh beberapa font komik gratisan dari Blambot.com. Bikin layer baru dengan menekan {Shift} + [Ctrl] + [N]. Buat kotak teks dengan menggunakan [Rectangle Tool]. Klik tarik pointer sampai membentuk kotak di area kerja. Ukurannya terserah Anda.

7. Klik-kanan pada kotak, lalu pilih [Make Selection...]. Isikan angka 0 pada “Feather Radius” pada boks yang muncul, lalu klik [OK]. Beri warna kotak dengan mengklik [Edit] > [Fill...]. Pada boks Fill, pilih [Color...] dan warna yang diinginkan pada boks “Choose a color:”. Selesainya, klik [OK] > [OK].

8. Jika ingin membuat balon bicara, klik [Custom Shape Tool] yang berada dalam menu yang sama dengan Rectangle Tool. Selanjutnya, klik menu drop-down “Shpae” dan pilih [Talk 1]. Klik-tarik pointer sampai membentuk balon bicara di area kerja. Selanjutnya, beri warna dengan cara yang sama dengan Langkah 7.

9. Klik [Type Tool] untuk mulai membubuhi komik dengan teks. Pilih font komik yang telah diunduh dan di-install sebelumnya dari menu option di atas jendela. Atur pula ukuran serta warnanya, lantas klik pointer di dalam balon bicara atau kotak. Ketikkan teks yang diinginkan. Jika komik sudah kelar dibuat, klik [Layer] > [Flatten Image] dan simpan gambar.

Posting Komentar

kunjungi blog ini dan kasih komentar ya.......